Manfaat Tempe


Manfaat Tempe

Manfaat Tempe - Tempe merupakan makanan yang berbahan dasar kacang kedelai yang di fermentasi. Kandungan yang terdapat dalam tempe yaitu serat pangan, kalsium, vitamin B dan zat besi yang dapat memberikan manfaat untuk obat, yaitu antibiotika dapat menyembuhan infeksi dan antioksidan dapat mencegah penyakit degeneratif.

pada umumnya tempe berwarna putih hal ini disebabkan karena pertumbuhan miselia kapang yang merekatkan biji kacang kedelai sehingga membentuk tekstur yang memadat, selain itu degradasi komponen kedelai pada saat fermentasi membuat tempe memiliki rasa dan aroma yang khas.

Selain di Indonesia sekarang tempe sudah banyak dikenal diberbagai negara, tempe di seluruh dunia digunakan sebagai pengganti daging untuk yang vegetarian. Sekarang tempe diproduksi tidak hanya di Indonesia tetapi sudah banyak negara yang memproduksi tempe.

Komposisi gizi yang terdapat dalam tempe seperti protein, lemak dan karbohidrat lebih mudah dicerna, diserap dan dimanfaatkan di dalam tubuh dibandingkan dengan kedelai, hal ini disebabkan karena enzim pencernaan yang dihasilkan oleh kapang tempe. Tempe sangat baik dikonsumsi untuk semua jenis umur termasuk untuk bayi dan lansia.

Selain itu terdapat beberapa hal menguntungkan dari tempe dibandingkan dengan kedelai, yaitu secara kimiawi hal tersebut bisa dilihat dari meningkatnya padatan terlarut, nitrogen terlarut, bebas asam amino, bebas asam lemak, nilai cerna, nilai efisiensi protein, dan skor proteinnya.

Pengolahan kedelai menjadi tempe akan menurunkan kadar raffinosa dan stakiosa yang merupakan senyawa penyebab timbulnya gejala flatulensi atau kembung perut. Kandungan satu potong tempe goreng sekitar 50 gram, sudah mencukupi untuk meningkatkan mutu gizi pada 200 gram nasi.

Kandungan Gizi Tempe

Asam lemak

Tempe mengandung asam lemak tidak jenuh majemuk yang meningkat jumlahnya pada saat fermentasi, dalam proses itu asam palmitat dan asam linoleat sedikit mengalami penurunan sedangkan asam oleat dan linolenat mengalami kenaikan.

Vitamin

Kandungan vitamin dalam tempe terdapat dua macam yaitu vitamin yang larut air yaitu vitamin B kompleks dan vitamin yang larut lemak yaitu vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin K.

Tempe adalah sumber vitamin B yang sangat potensial, beberapa jenis vitamin B yang terkandung dalam tempe yaitu vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), asam pantotenat, asam nikotinat (niasin), vitamin B6 (piridoksin), dan B12 (sianokobalamin).

Mineral

Kandungan mineral dalam tempe yaitu mineral makro dan mineral mikro yang cukup. Dalam 100 gram tempe mengandung besi 9,39 mg, tembaga 2,87 mg dan zink 8,05 mg.

Antioksidan

Tempe mengandung zat antioksidan dalam bentuk isoflavon, yaitu daidzein, glisitein, genistein dan antioksidan faktor II (6,7,4-trihidroksi isoflavon) yang mempunyai sifat antioksidan paling kuat dibandingkan dengan isoflavon yang terkandung dalam kedelai.

Manfaat Tempe untuk kesehatan
  • Dapat menghentikan reaksi pembentukan radikal bebas, mencegah terjadinya penuaan dini karena mengandung zat antioksidan yang tinggi
  • Kandungan genestein dan fitoestrogen yang terdapat dalam tempe dapat mencegah kanker prostat dan payudara 
  • Mencegah terjadinya penyakit degeneratif seperti aterosklerosis, jantung koroner, diabetes melitus, kanker, dan lain-lain
  • Menurunkan kolesterol dalam darah
  • Mencegah penyakit jantung, tekanan darah tinggi atau hipertensi dan lain-lain
  • Mengandung antibakteri penyebab diare

Beberapa olahan dari tempe
Demikian mengenai beberapa manfaat tempe, semoga bermanfaat.

Comments

Post a Comment