Manfaat Jamur Tiram

Manfaat Jamur Tiram

Manfaat Jamur Tiram

Jamur tiram atau Pleurotus ostreatus merupakan jamur pangan dari kelompok Basidiomycota. Jamur tiram termasuk kelas Homobasidiomycetes yang memiliki ciri umum yaitu tubuh buah berwarna putih sampai krem, tudungnya berbentuk setengah lingkaran dengan bagian tengah tudungnya agak cekung. Jamur tiram dikenal dengan nama King Oyster Mushroom dan masih satu kerabat dengan Pleurotus eryngii.

Kandungan gizi

Kandungan gizi dalam jamur tiram diantaranya yaitu protein, air, kalori, karbohidrat, zat besi, kalsium, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Jamur tiram mengandung protein yang tinggi sekitar 10,5-30,4%, kaya akan vitamin dan mineral, rendah karbohidrat, lemak dan kalori.

Kandungan gizi dalam setiap 100 gram jamur tiram yaitu :
Kalori 367
Protein 10,5-30,4 %
Karbohidrat 56,6 %
Lemak 1,7-2,2 %
Thiamin 0.20 mg
Riboflavin 4.7-4.9 mg
Niacin 77,2 mg
Kalsium 314.0 mg
Kalori 100 kj/100 gram
Lemak tak jenuh 72 %persen
Serat 7,4- 24,6 %

Kandungan gizi yang terkandung dalam jamur tiram menurut Direktorat Jenderal Hortikultura Departemen Pertanian yaitu :

Protein rata-rata 3.5 – 4 % dari berat basah, Kandungan proteinnya 10,5-30,4% lebih tinggi dari beras, gandum dan susu sapi. Jamur tiram mengandung 9 macam asam amino yaitu lisin, metionin, triptofan, threonin, valin, leusin, isoleusin, histidin, dan fenilalanin. Jamur tiram juga mengandung berbagai macam vitamin yang sangat penting yaitu vitamin B, C dan D. vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), niasin dan provitamin D2 (ergosterol). Kandungan mineral dalam jamur tiram yang tertinggi yaitu Kalium, Fosfor, Natrium, Kalsium, dan Magnesium.

Jamur tiram memberikan banyak manfaat sebagai makanan dan aman dikonsumsi setiap hari. Kandungan gizi yang tinggi pada jamur tiram sehingga dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan diantaranya :
Dapat menurunkan kadar kolestreol
Dapat mengobati jantung lemah, lever, diabetes dan anemia
Dapat membantu menurunkan berat badan
Meningkatkan sistem imun pada tubuh
Memiliki efek positif sebagai antitumor, antikanker, antivirus (termasuk AIDS), antijamur, dan antibakteri

Sumber wikipedia

Comments