Manfaat Kerang Kijing

Manfaat Kerang Kijing

Kijing dengan nama ilmiah (Pilsbryoconcha exilis) merupakan sejenis kerang yang hidup di air tawar seperti sungai, danau atau kolam, kijing mengendap di dasar sungai yang berpasir dan memiliki suhu yang dingin. Sebutan nama kijing di beberapa tempat berbeda misalkan dalam bahasa Melayu disebut remis dan dalam bahasa Sunda disebut haremis, sedangkan nama kijing merupakan sebutan dalam bahasa Jawa.

Ciri-ciri dari kijing yaitu kulit atau cangkang kijing berwarna kuning serta terdapat bagian yang berwarna biru kehitaman, kulitnya keras dan tidak berbulu, di bagian dalam terdapat daging kerang yang berwarna putih dan berbentuk gepeng melebar.

Kecepatan kijing dalam reproduksi cukup tinggi terutama di daerah tropis, cara kijing mendapatkan makanan yaitu dengan cara menyaring air yang mengandung banyak makanan di dalamnya seperti fitoplankton dan material tersuspensi lainnya.

Dalam tubuh kijing terdapat dua bagian yaitu bagian dalam kijing dan bagian luar kijing. Bagian luar kijing disebut cangkang atau kulit sedangkan bagian dalam merupakan organ tubuh. Organ tubuh kijing dapat terlihat apabila cangkang kijing terbuka dengan lebar.

Cangkang atau kulit kijing berwarna coklat kehijauan dan sangat keras, berbentuk oval dan ada juga yang mendekati bulat jika dilihat dari bagian atas sedangkan jika dilihat dari samping bentuknya lonjong di satu bagian kemudian memipih kebagian lainnya, cangkang kijing sebelah kiri lebih pipih dibandingkan cangkang sebelah kanan, kedua cangkang kijing dihubungkan dengan sebuah engsel sehingga kedua bagian cangkang kijing bisa membuka dan menutup. Cangkang atau kulit kijing merupakan bagian yang berhubungan langsung dengan perairan.

Bagian dalam kijing terbagi menjadi tiga bagian, yaitu kaki, mantel dan visceral mass. Visceral mass adalah kumpulan organ-organ bagian dalam, seperti insang, mulut, perut, gonad, anus dan organ penting lainnya.

Cara mengolah kijing
  • Cuci bersih kijing
  • Rendam kijing kurang lebih satu malam supaya kotorannya keluar
  • Setelah direndam selama satu malam cuci bersih kembali
  • Kemudian rebus kijing sampai cangkang kijing terbuka
  • Ambil bagian daging kijing, buang kotorannya dan cuci bersih kembali
  • Olah menjadi hidangan yang lezat, seperti opor kijing, sate kijing, kijing masak asam manis, kijing bumbu kuning, dan sebagainya
Manfaat kijing
  • Kijing dimanfaatkan sebagai salah satu bahan pangan dari hasil perairan
  • Kijing dapat dimanfaatkan sebagai santapan yang lezat seperti dibuat opor kijing, kijing masak asam manis, sate kijing atau hanya ditumis sederhana juga sudah lezat
  • Selain dapat dijadikan hidangan yang lezat juga dapat dimanfaatkan sebagai minuman dalam bentuk minuman rebusan kijing
  • Kijing juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh yaitu dapat membantu menyembuhkan penyakit kuning atau hepatitis B
Sumber : id.wikipedia.org, mangyono.com

Comments