Manfaat Salak

Manfaat Salak

Manfaat Salak

Salak atau snake fruit dalam bahasa Inggris memiliki nama ilmiah Salacca zalacca merupakan sejenis palma dengan buah yang bisa dimakan. Salak disebut snake fruit karena kulitnya yang mirip dengan sisik ular.

Salak berbentuk perdu atau hampir tidak berbatang, memiliki duri yang banyak, beranak banyak, tumbuh sebagai rumpun yang rapat dan kuat. Batang salak menjalar di bawah atau di atas tanah, membentuk rimpang dan bercabang dengan diameter antara 10-15 cm.

Daun salak berbentuk menyirip dengan panjang sekitar 3-7 m, tangkai daun, pelepah, anak daun berduri panjang, tipis dan banyak dengan warna duri kelabu sampai kehitaman. Anak daun berukuran sampai 8 x 85 cm dengan bentuk lanset dan ujung meruncing, bagian sisi bawah keputihan oleh lapisan lilin.

Dalam setiap 100 gram (3.5 oz) salak mengandung :

Energy: 1,539 KJ (368 kcal)
Fat : 0.4 g
Protein: 0.8 g
Vitamin c: 8.4 mg  (10 %)
Minerals
Calcium : 38 mg (4%)
Iron : 3.9 mg (30%)
Phosphprus : 18 mg (3%)
Sodium : 0 mg

Kegunaan salak

Salak dapat dimanfaatkan buahnya, anak daun dan kulit tangkai daunnya. Kegunaan buah salak ketika sudah matang yaitu dapat dimakan langsung atau dapat diolah menjadi manisan, asinan atau dibuat keripik. Sedangkan salak yang masih muda dapat diolah menjadi bahan rujak.

Helai anak daun dan kulit tangkai daun yang sudah dihilangkan durinya dapat dimanfaatkan untuk bahan anyaman. Pohon salak juga sering ditanam sebagai pagar karena duri-durinya hampir tak tertembus.

Selain dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan buah salak bisa juga dimanfaatkan untuk pengobatan yaitu untuk menghentikan diare.

Manfaat salak untuk kesehatan
  • Untuk pengobatan mata
  • Dapat mengobati diare
  • Untuk membantu program diet
  • Baik untuk otak
  • Baik untuk perut 
  • Dapat menjaga stamina
  • Dapat mengobati rabun jauh


Sumber : wikipedia.org, manfaat.co.id

Comments