Aneka Masakan Nusantara

Aneka Masakan Nusantara

Aneka Masakan Nusantara; Masakan Nusantara atau disebut juga masakan Indonesia adalah merupakan kumpulan berbagai kuliner yang mencirikan setiap daerahnya dengan tehnik masak yang berbeda-beda sesuai dengan daerah yang bersangkutan. Masakan Nusantara memiliki cita rasa yang kuat dan merupakan salah satu tradisi kuliner yang paling kaya di dunia.

Setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner ciri khas daerah masing-masing. Terdapat kuliner dari beberapa daerah yang sangat terkenal baik di negara Indonesia ataupun di negara lain. Salah satunya kuliner rendang yang berasal dari padang Sumatra Barat sudah terkenal baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Masakan nusantara menggunakan bumbu-bumbu yang beraneka ragam diantaranya bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumabar, merica, pala, jinten, dan sebagainya. Selain bumbu yang beraneka ragam ditambah dengan rempah-rempah seperti lengkuas, serai, jahe, kencur, kunyit, dan sebagainya. Sehingga tercipta masakan yang sangat lezat dan menggugah selera.

Beberapa Masakan Nusantara Yang Terkenal

Rendang

Rendang adalah hidangan daging pedas yang berasal dari Padang Sumatera Barat. Rendang bahan dasar utamanya adalah daging, ditambah dengan rempah-rempah yang banyak dan santan sehingga rendang memiliki cita rasa yang kompleks dan unik.

Rendang tradisional Padang memerlukan waktu berjam-jam untuk memasaknya, sehingga memakan waktu dan membutuhkan kesabaran. Proses memasaknya yaitu potongan daging perlahan dimasak dengan santan dan rempah sampai kuah hampir mengering. Dengan proses memasak yang lambat memungkinkan daging menyerap semua rempah dan menjadikan daging lunak.

Ayam Tangkap


Ayam Tangkap adalah masakan dari bahan dasar utama ayam yang digoreng dengan bumbu dan rempah-rempah khas. Ayam tangkap merupakan kuliner khas dari daerah Aceh.

Proses memasak ayam tangkap yaitu pertama ayam diberi bumbu bawang putih, lada, kemiri, garam dan jahe. Selanjutnya ayam digoreng bersamaan dengan beberapa rempah daun seperti daun kari, daun pandan dan salam koja digoreng sekitar 5 sampai 10 menit. Lalu ayam disajikan bersama dengan daun rempahnya.

Soto Betawi

Soto Betawi merupakan kuliner yang populer di daerah Jakarta. Soto betawi menggunakan bahan jeroan dan seringkali menggunakan organ-organ lain seperti mata, torpedo dan hati.

Gepuk

Gepuk merupakan kuliner khas dari daerah Sunda Jawa Barat. Bahan utama membuat gepuk yaitu daging sapi. Rasa gepuk yaitu manis dan gurih.

Proses memasaknya yaitu daging diiris searah dengan serat lalu direbus sampai setengah matang. Selanjutnya daging di pukul-pukul sampai empuk, lalu direndam dalam bumbu yang dicampur santan. Kemudian daging direbus kembali sampai santan menyusut, lalu goreng dengan menggunakan sedikit minyak sampai berwarna kecoklatan.

Tahu Sumedang

Tahu Sumedang merupakan kuliner khas dari daerah Sumedang Jawa Barat.

Empal Gentong

Empal gentong merupakan kuliner khas dari daerah Cirebon, Jawa Barat. Bahan yang digunakan untuk membuat empal gentong yaitu daging, usus dan babat. Proses memasaknya menggunakan kayu bakar dan dimasak di dalam gentong atau periuk tanah liat.

Gudeg

Gudeg merupakan kuliner dari daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Bahan yang digunakan yaitu nangka muda yang dimasak dengan santan. Proses memasaknya memerlukan waktu berjam-jam. Untuk menghasilkan warna coklat pada gudeg yaitu menggunakan daun jati.

Rawon

Rawon merupakan kuliner khas dari Jawa Timur. Rawon adalah sup daging dengan kuah berwarna hitam, dimasak dengan bumbu khas yaitu menggunakan kluwek.

Betutu

Betutu merupakan kuliner khas Bali. Betutu terbuat dari ayam atau bebek yang utuh dan berisi bumbu, yang kemudian dipanggang dalam api sekam.

Demikian mengenai beberapa Aneka Masakan Nusantara, semoga bermanfaat.

Comments