Terasi Atau Belacan

Terasi Atau Belacan


Terasi Atau Belacan

Terasi Atau Belacan; terasi atau belacan atau disebut juga pasta udang (Shrimp paste) merupakan bumbu masak yang dibuat dari bahan dasar ikan atau udang rebon yang difermentasikan. Terasi berbentuk pasta berwarna hitam coklat atau jika ditambah dengan bahan pewarna akan berwarna kemerahan.

Terasi memiliki ciri khas bau yang sangat tajam, tetapi jika digunakan sebagai bumbu akan memberikan rasa yang lezat pada masakan. Selain digunakan sebagai bahan dasar dalam membuat sambal terasi, terasi juga sering digunakan dalam berbagai resep tradisional Indonesia.

Terasi biasa digunakan dalam masakan dibeberapa negara di Asia Tenggara, Timur Laut Asia Selatan dan masakan Cina Selatan. Nama terasi di setiap negara berbeda seperti di negara Malaysia terasi dikenal dengan nama belacan, di Burma dengan nama ngapi, di Mizo dikenal dengan nama Dangpuithu, di Thailand bernama Kapi, di Vietnam disebut mắm ruốc, mắm tép dan mắm tôm tergantung dari ikan yang digunakan, di Tagalog bernama bagoong alamang, Orang Cina kanton menyebutnya haa1 zoeng3/haa1 gou1, di Min Nan Cina disebut hom ha/hae ko dan di Bangladesh bernama sidol.

Cara pembuatan terasi disetiap negara berbeda, tetapi pada dasarnya pembuatannya adalah dari bahan dasar udang yang ditumbuk halus dan dicampur dengan garam kemudian difermentasikan selama beberapa minggu. Terdapat beberapa versi yaitu versi basah seperti di Vietnam dan versi lainnya yang dikeringkan dengan matahari.

Di negara Indonesia yaitu di daerah Bangka terdapat beberapa daerah yang menjadi penghasil terasi yang terkenal yaitu Toboal dan Bangka Selatan. Mereka membuat terasi dengan cara udang rebon yang diambil nelayan dari laut langsung direbus di pinggir pantai, selanjutnya setelah udang rebon matang lalu ditumbuk dan dicampur dengan garam menggunakan lesung kayu, selanjutnya dijemur supaya kandungan kadar airnya menjadi rendah, selanjutnya ditumbuk kembali sampai menjadi pasta yang bisa dibentuk.

Terasi atau belacan seringkali digunakan untuk masakan yang berbahan dasar ikan atau sayuran, dan merupakan unsur penting sebagai kari atau saus. Terasi dapat ditemukan dalam berbagai makanan di Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, Vietnam dan Filipina. Orang Chakma dari Bukit Chittagong Bangladesh menggunakan terasi secara ekstensif dalam setiap masakan mereka.

Comments