Categories
Aneka Resep Daging Sapi

Cara Memasak Daging Sapi Supaya Empuk Tanpa Presto

loading...

Cara Memasak Daging Sapi Supaya Empuk Tanpa Presto – Daging sapi merupakan daging yang diperoleh dari hewan ternak sapi. Pada umumnya daging sapi digunakan untuk keperluan konsumsi makanan.

Ada beberapa bagian sapi yang dapat diolah yaitu daging paha depan, daging iga, daging khas luar, daging khas dalam, khas atas, khas bawah, paha belakang. Daging yang digunakan tergantung dari jenis pengolahannya.

Di negara Eropa dan Amerika daging sapi diolah menjadi steak. Biasanya bumbu yang digunakan hanya garam dan merica. Sedangkan di negara Asia daging sapi biasanya diolah dengan tambahan bumbu rempah yang bermacam – macam tergantung dari hidangan yang dibuat.
Hidangan dari daging sapi seperti rendang, gulai, gepuk, sate dan lainnya.

Bagian lainnya dari sapi yang dapat diolah selain bagian dagingnya yaitu lidah, jeroan, kepala dan buntut. Lidah sapi biasanya diolah menjadi hidangan bistik lidah sapi. Jeroan sapi biasanya diolah menjadi berbagai hidangan seperti gulai jeroan, oseng jeroan atau jeroan bumbu serundeng. Kalau hidangan dari buntut sapi yang paling terkenal yaitu sop buntut.

Daging sapi jika tidak benar memasaknya biasanya ketika dimakan akan terasa alot dan keras. Jaman sekarang sih sudah gampang jika ingin masak daging sapi supaya bisa empuk. Dengan hanya dimasak selama 15 menit daging sudah bisa empuk caranya yaitu dengan menggunakan panci khusus yaitu panci presto.

Masalahnya tidak semua orang memiliki panci presto tersebut. Nah artikel kali ini akan membahas mengenai bagaimana Cara Memasak Daging Sapi Supaya Empuk Tanpa Presto dan beberapa tips supaya daging bisa empuk.

Cara Memasak Daging Sapi Supaya Empuk Tanpa Presto

Bahan

  • Daging sapi
  • Air secukupnya

Cara Memasak

  • Langkah pertama cuci bersih daging sapi
  • Selanjutnya potong – potong sesuai dengan kebutuhan
  • Siapkan panci atau wajan diatas kompor kemudian isi dengan air secukupnya
  • Masukkan daging sapi kemudian tutup panci atau wajan. Nyalakan api setelah mendidih kemudian ambil bagian busanya sampai bersih dan selanjutnya masak selama kurang lebih 5 menit. Pada saat proses perebusan jangan sering membuka tutup panci kecuali untuk mengecek daging apakah sudah empuk dan kemungkinan air berkurang. Jika air berkurang tambahkan dengan air mendidih.
  • Setelah dimasak selama 5 menit matikan api dan diamkan selama 30 menit. Tutup pancinya jangan sampai terbuka supaya tidak ada udara yang keluar
  • Selanjutnya setelah didiamkan selama 30 menit, nyalakan api dan masak kembali selama kurang lebih 10 menit.
  • Setelah 10 menit matikan kembali api dan diamkan kembali selama 30 menit
  • Selanjutnya cek apakah daging sudah empuk atau belum. jika belum rebus kembali dan diamkan kembali selama 30 menit.Pada intinya setelah direbus harus didiamkan selama 30 menit.

Selain Cara diatas ada juga beberapa tips supaya daging cepat empuk

Memotong Bentuk Daging

Caranya daging dicincang kecil atau diiris tipis. Daging yang dicincang kecil atau diiris tipis lebih mempercepat proses memasaknya

Menggunakan Daun Pepaya

Caranya remas daun pepaya sampai getah daun pepayanya keluar, kemudian bungkus daging dengan daun pepaya tersebut dan diamkan dalam kulkas beberapa saat sebelum diolah

Menggunakan Nanas

Caranya parut nanas sampai halus, kemudian balurkan ke seluruh permukaan daging sampai merata dan diamkan dalam kulkas beberapa saat sebelum diolah

Menggunakan Jahe

Caranya parut jahe sampe halus, balurkan jahe ke seluruh permukaan daging sampai merata dan diamkan selama 30 menit selanjutnya baru diolah

Menggunakan Baking Powder

Caranya balurkan baking powder ke seluruh permukaan daging dan diamkan dalam kulkas beberapa saat sebelum diolah

Demikian bagaimana cara mengolah daging sapi supaya empuk. selamat mencoba semoga dapat memberikan manfaat.

loading...

Tinggalkan Balasan